VISI & MISI,SERTA TUGAS DAN TANGGUN JAWAB.ORGANISASI KERUKUNAN KONJO SINJAI BARAT.(KKSB)

VISI & MISI,SERTA TUGAS DAN TANGGUN JAWAB.ORGANISASI KERUKUNAN KONJO SINJAI BARAT.(KKSB)

Visi

Menjadi kerukunan yang mampu merangkul dan menghimpun orang KONJO khususnya yang ada di SINJAI BARAT untuk bersama-sama membangun dirinya menjadi bermakna bagi sesamanya di mana saja, khususnya manusia dan masyarakat Sinjai barat dan sekitarnya, dengan semboyan “si kasirikan,sipakatau,sipassere,sikarimangngi,sihargai, dan mewujudkannya dalam partisipasi yang bertanggung jawab untuk membangun orang dan masyarakat Sinjai Barat yang cerdas, sehat, dan beriman.

Misi

1. Menghimpun orang Konjo yang bermukim di Sinjai Barat dalam semangat kekeluargaan menjadi satu kerukunan tanpa memandang latar belakang turunan, kelompok, kelas sosial, dan agama untuk saling membantu, menguatkan dan mengukuhkan dalam menghadapi berbagai tantangan di dunia perantauan.
2. Melestarikan serta meningkatkan kerukunan dan nilai-nilai budaya yang dianut di Sinjai Barat agar tidak tercemar oleh pengaruh-pengaruh pemecah belahan dan adu domba yang timbul atau ditimbulkan oleh berbagai kepentingan sepihak.
3. Membangun sinergi yang berdaya juang untuk mengembangkan program serta melakukan kegiatan-kegiatan yang bermakna bagi “tau lohea” secara bertanggung jawab.
4. Bekerja sama dengan pemerintah baik pusat maupun daerah, dan dengan berbagai organisasi kemasyarakatan untuk membangun masyarakat Sinjai Barat khususnya dan Sinjai  umumnya.

PROGRAM KERJA

Sesuai dengan gerak langkah pembangunan terkini yang berpusat dan berorientasi pada manusia, maka KKSB menetapkan tiga bidang dasar untuk kegiatan-kegiatannya nya yakni:
1.Bidang Humas
2. Bidang Sosial & Budaya
3. Bidang Pendidikan & Olaraga
4. Bidang Pendidikan & Keagamaan
5.Bidang Ekonomi & Kesejahteraan
6.Bidang Pemberdayaan Perempuan.

Untuk mencapai tujuan dasar tersebut KKSB menyelenggarakan kegiatan-ekgiatan seperti:

1.Bidang Humas

Tugas Humas KKSB Sebagai ujung tombak komunikasi publik 

Humas berperan penting sebagai ujung tombak komunikasi publik. Hal ini dikarenakan bahwa humas merupakan wajah bagi organisasi. Dalam perannya sebagai ujung tombak komunikasi publik, humas bertugas untuk menyampaikan informasi perihal organisasi yang menaunginya kepada publik. Maka dari itu humas juga dikenal sebagai public relation. 
Biasanya bagian humas memiliki andil untuk menjaga hubungan baik dengan berbagai macam media yang berkaitan seperti televisi, iklan maupun media cetak. Tidak heran jika bagian humas mempunyai daftar lengkap kontak pihak-pihak mana saja yang berkaitan dengan pekerjaannya. 
lihat juga peran sekretaris dalam organisasi.

2. Sebagai sarana marketing yang jitu 

Tugas humas dalam organisasi berikutnya ialah sebagai sarana marketing yang jitu. Humas adalah bagian penting yang berfungsi sebagai motor penggerak guna meningkatkan penjualan maupun promosi organisasi.

Humas berwenang untuk menciptakan dan mempertahankan citra organisasi  yang baik di mata publik. 
Dengan adanya citra yang baik, tentu akan lebih banyak orang yang menaruh minat dengan organisasi tersebut. Terlebih lagi jika organisasi yang dibentuk ini sangat bermanfaat bagi masyarakat luas dan sama sekali tidak memandang adanya perbedaan ras, suku maupun agama tiap individu. 

3. Untuk mengelola keadaan yang bersifat genting 

Humas memiliki peran penting dalam upaya pengelolaan keadaan yang bersifat darurat dan genting. Khususnya jika keadaan tersebut sudah menjurus pada kebangkrutan maupun kerusakan organisasi tersebut.
Pada situasi ini, tentu humas akan memiliki tugas penting dalam pengembalian citra organisasi menjadi lebih baik lagi. 
Adanya humas sebagai pengelola keadaan darurat dirasa ampuh untuk kembali membangun citra organisasi yang hampir terpuruk. Tidak jarang juga melalui humas maka citra suatu bentuk organisasi akan kembali kepada masa kejayaannya.

4. Berperan untuk menjaga hubungan baik dengan berbagai media 

Bukan humas namanya jika pekerjaannya tidak berkaitan dengan media. Tugas humas dalam organisasi berikutnya adalah untuk menjaga hubungan baik dengan berbagai macam media. Terlebih lagi jika terdapat perkembangan terbaru dari organisasi yang berkaitan. Maka hal tersebut perlu dipublikasikan melalui berbagai macam media agar segera dikonsumsi publik secara luas.
Media yang biasa bekerjasama dengan humas bisa berupa media televisi, media elektronik hingga media cetak. Kesemua media tersebut dapat dijadikan partner yang tepat bagi suatu bentuk organisasi melalui humas. 

5. Sebagai penjangkau kegiatan secara luas 

Humas juga memiliki tugas sebagai penjangkau kegiatan secara luas. Dalam peran tersebut humas senantiasa terjun dalam sebuah acara akbar untuk membawa citra maupun brand organisasi yang menaunginya.
Dengan demikian, nama organisasi maupun brand organisasi tersebut akan semakin dikenal masyarakat secara luas. 
Misalnya, dalam suatu acara olimpiade. Humas yang professional tentu tidak akan ragu untuk terjun ke dalam kegiatan tersebut sebagai pembawa citra sponsor dari organisasi yang menaunginya. Semakin besar citra organisasi yang dibangun oleh humas, maka semakin besar pula efek positif yang akan didapatkan oleh organisasi tersebut. 

6. Sebagai pengelola sosial media yang aktif 

Tugas humas dalam organisasi selanjutnya ialah sebagai pengelola sosial media yang aktif. Terlebih lagi sekarang ini begitu banyak orang yang menggandrungi sosial media dalam berkehidupan sehari-hari. 
Sosial media dalam perspektif humas penting sebagai penarik massa dalam skala luas dan kompleks. Terlebih lagi dengan adanya dukungan internet, maka humas tidak akan mengalami kesulitan untuk mengelola sosial media tersebut. 
Sosial media akan memudahkan humas untuk berinteraksi dengan publik secara online. Oleh karena itu, humas perlu menciptakan citra organisasi yang positif di sosial media agar publik senantiasa memandang baik kepada organisasi tersebut. 

7. Berperan untuk mengevaluasi opini publik

Humas berperan penting guna mengevaluasi opini maupun pendapat publik. Terlebih lagi jika organisasi yang menaungi humas tersebut sedang diterpa isu negatif. Maka dalam hal ini, humas berperan penting untuk menangkis isu atau opini negatif tersebut dengan fakta sehat yang lebih masuk akal. Tentunya tanpa menjatuhkan organisasi lain. 
Kandidat humas biasanya harus berasal dari sumber daya manusia yang unggul dan senantiasa mampu berpikir luas. Humas harus mahir dalam mengevaluasi opini khususnya opini yang bersifat negatif dan menjatuhkan. Selanjutnya, humas mesti menggiring opini publik ke arah yang semestinya dengan tidak merugikan pihak manapun. 

8. Sebagai fasilitator pemecah masalah 

Dalam suatu wadah organisasi, humas ikut andil sebagai fasilitator pemecah masalah yang terjadi dalam internal organisasi. Humas bertugas untuk membantu tim manejemen perusahaan sebagai konsultan maupun penasehat pimpinan dalam pemgambilan segala keputusan yang berkaitan dengan organisasi. Terutama dalam keadaan kritis maupun darurat. 
Yang perlu diingat bahwa humas harus senantiasa mengutamakan kepentingan bersama tanpa adanya pikiran dan tujuan untuk menjatuhkan pihak manapun. Humas harus netral dan selalu bertujuan untuk memajukan organisasi yang menaunginya. 

9. Sebagai pembina hubungan baik dalam internal organisasi 

Humas senantiasa berperan penting dalam membina hubungan baik di dalam internal organisasi. Sudah sewajarnya jika humas melakukan identifikasi terkait kewajiban maupun hak antar anggota organisasi demi meminimalisir risiko penyalahgunaan hak maupun kewajiban di dalam internal organisasi tersebut. 
Di samping itu, humas mesti cermat dalam menyaring informasi dan mengolahnya sebelum disampaikan ke publik secara luas. Humas harus pintar dalam memilih informasi mana yang perlu disampaikan ke publik dan mana yang tidak perlu. 

10. Berperan penting dalam menarik simpati publik

Tugas humas dalam organisasi yang terakhir adalah sebagai penarik simpati publik. Humas harus senantiasa mampu menyampaikan informasi yang baik dan tentunya mampu membangun citra organisasi di mata publik dengan tujuan untuk menarik simpati. 
Simpati publik yang diciptakan oleh humas adalah simpati yang bersifat positif dan menguntungkan bagi organisasi tanpa merugikan pihak lain.
Humas dilarang keras untuk menciptakan seni berbohong demi menarik simpati publik. Untuk menjadi humas, maka Anda perlu pintar dalam mengelola pemikiran dan perkataan agar tersampaikan dengan baik. 

2. Bidang Sosial & Budaya:

a. Menggalang solidaritas keluarga Besar  KKSB di Seluruh wilaya Sinjai dan di manapun berada untuk berpartisipasi dalam kehidupan suka dan duka anggota
b. Membangun dan meningkatkan persaudaraan sejati (silaturahim) antara keluarga KKSB di Seluruh wilaya .
c. Menghimpun potensi dan sumber daya yang dimiliki masyarakat Sinjai Barat di Sinjai untuk menunjang pembangunan masyarakat di KKSB Sinjai Barat pada khususnya dan masyarakat di Kabupaten Sinjai pada umumnya.
d. Membantu meningkatkan kesejahteraan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat KKSB khususnya dan masyarakat sinjai umumnya.
e. Membantu serta menunjang usaha dan program pemerintah pusat dan daerah dalam bidang pendidikan, sosial, dan seni budaya.
f. Membantu mengembangkan dan melestarikan nilai-nila dan seni budaya KKSB.
Kemanusiaan
a. Memberikan bantuan miril dan materiil dalam penyaluran sumbangan kepada masyarakat yg terkena musibah ataukorban bencana alam.
b. Memberi bantuan kepada para pengungsi atau perantau
c. Memasyarakatkan kepedulian terhadap Lansia,Yatim piatu, penyandang cacat, fakir miskin dan gelandangan.dll
d. Membantu pelestarian lingkungan hidup dan pencegahan abrasi.


3.Bidang Keagamaan

a. Membantu pembangunan dan pemeliharaan tempat-tempat ibadah, pendidikan dan fasilitas umum lainnya.
b. Membantu menyediakan buku dan pengadaan perpustakaan
c. Membantu meningkatkan pemahaman keagamaan
d. Membantu memfasilitasi kegiatan dialog-dialog keagamaan yang konstruktif.
F.Bekerja sama dengan Remaja Mesjid memberikan pelajaran baca tulis AL-QUR'AN bagi anak-anak
G.membantu menghidupkan nuansa ramadhan melalui Tadarus AL-QUR'AN,peringatan Nuzulul Qur'an Buka puasa bersama,mengadakan takbir Hari Raya Idul fitri/ Idul adha.

4.Bidang Pemuda & Olahraga

a.selalu tampil dalam kegiatan yg di adakan oleh masyarakat.
b.membangun jati diri bangsa dengan sikap mental dan prilaku yg berbudaya dgn menumbuhkan pengalaman sila2 dlm pancasila serta membudayakan pemahaman cinta Tanah Air dan ada kemampuan awal bela Negara.
C.mempersiapkan tim olahraga baik putra maupun putri dgn mengadakan latihan rutin minimal satu kali seminggu.
D.mengadakan dan mengikuti pertandingan persahabatan dan kejuaraan olahraga baik di dalam maupun di luar.

5.Bidan usaha Ekonomi KesejahteraanProduktif

a.Merencanakan kegiatan usaha yg bertujuan meningkatkan perekonomian anggota KKSB dan masyarakat.
B.ikut berperan serta dalam Usaha pertanian melalui kelompok2 Tani
C.Mengikutsertakan anggota dalam setiap kegiatan pelatihan.seperti perbengkelan,pertanian,perkebunan,home industri,dan lain2 yg dapat meningkatkan Usaha Ekonomi produktif (UEF).

6.Bidang Pemberdayaan wanita
A.melibatkan peranan wanita dalam kegiatan yang bersifat positif.
B.memberikan dorongan kepada Ibu2 yg memiliki balita untuk mengikuti kegiatan posyandu,BKB (Bina Keluarga Balita).dgn bekerja sama dgn Bidan Desa dan Kader kesehatan untk meningkatkan mutu kesehatan dan perkembangan anak.
C.memberi penyuluhan agar tidak menikah di usia muda sebagai antisipasi hancurnya rumah tangga..sesuai standar dan aturan2 yg berlaku.
D.mengikut sertakan dlm setiap kegiatan pelatihan dan penyuluhan baik yg di selenggarakan oleh pihak kecamatan maupun kabupaten tentang kesehatan Gender Undang-Undang Perkawinan,UUD perlindungan anak,Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.Perdagangan perempuan dan anak,pola Asuh anak,Narkoba,dan lain2 sebagainya untuk meningkatkan kemampuan kaum perempuan dalam ikut membangun bangsa. 


Kepengurusan KKSB
Kerukunan ini sepakat membentuk kepengurusannya sebagai berikut:
Penasihat:
1.HASAN SABBARI
2.IBRAHIM TADANG
3.MUH YUSUF
4.
5.
6.

BADAN PENGURUS

Pembina/Pendiri: IPTU RUSTAN HAMID
Ketua Umum: SULMAN ISMAIL
Wakil Ketua : MUH SALEH AL-RASYID
Sekretaris :JUSRAN SYAWAL ANSHARI MT 
Sekretaris II: AMSIR
Bendahara I: MUH DARWIS
Bendahara II: 

Dll.
 
Keanggotaan:

a.       Anggota biasa: semua orang KKSB dan Kerukunan KKSB yang berdomisili di wilaya seluruh dunia
b.      Anggota luar biasa adalah masyarakat yang bukan warga sinjai barat yang menurut pertimbangan Badan Pengurus dapat diterima menjadi anggota
c.       Anggota kehormatan adalah mereka yang bukan warga sinjai barat, akan tetapi mempunyai pengaruh besar dalam perkembangan pembangunan di Indonesia dan telah berjasama terhadap organisassi KKSB, yang pengangkatannya dilakukan dalam rapat umum anggota.
 

Uang pangkal dan uang yuran

 
Uang pangkal dan uang yuran merupakan kewajiban para anggota. Uang pangkal akan ditagih dari setiap keluarga sebesar Rp. 25.000, dapat dicicil selama 6 bulan. Uang yuran akan ditagih dari setiap anggota berusia 17 tahun ke atas Rp. 1000 per bulan.
 
No rekening Organisasi KKSB
 

DEKLARASI

 
Dengan terbentuk dan tersedianya perangkat organisasi ini dan disaksikan oleh para anggota Kerukunan Konjo Sinjai  Barat, Bapak Bupati Sinjai , Keluarga Besar Sinjai , dan para undangan, dengan ini kami Kerukunan Konjo Sinjai Barat (KKSB) mendeklarasikan keberadaan kami dan memohon dukungan dari bapa/ibu/saudara/ .... dan mengajak kerja sama pihak-pihak terkait demi tercapainya cita-cita kita. Semoga makud baik kita ini diridhoi oleh Allah SWT.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerukunan Konjo Sinjai Barat,Peduli Masamba

DEVISI EKONOMI KKSB MEMBER RESMI PENYEDIA BIO NERVEE ASLI 100% ORIGINAL PT BIONERVE INDONESIA

BAKTI SOSIAL KERUKUNAN KONJO SINJAI BARAT